Bagaimana Cara Membuat Karbu Vakum Jadi Kontan ?
Membuat karbu vakum jadi kontan merupakan topik pembahasan kita kali ini, karburator vakum (CV) tidak sereponsif karburator konvesional. Masalahnya karburator tipe CV sistem kerjanya berdasarkan kevakuman di ruang bakar jadi irit bahan bakar. Tetapi, satu lagi karburator vakum banyak diaplikasikan pada motor keluaran terbaru. Inilah yang menjadi kendala untuk kamu yang suka kebut-kebutan.
Opsi terakhir biasanya orang akan mengganti karbu CV dengan karbu konvesional supaya bisa mendapat akselerasi yang di inginkan, contohnya saja Suzuki Satria FU mengadopsi karburator Keihin PE28 milik Honda NSR-SP. Tetapi ini jelas berefek pada konsumsi BBM. Namun jangan khawatir, masih ada alternative lain dibanding harus mengganti karburator yaitu dengan memaksimalkan kinerja karburator CV. Caranya yaitu cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada pada corong depan, dijamin cara tersebut bisa merespon mesin lebih bagus.
Berikut langkah-langkah cara membuat karbu vakum jadi kontan :
Memperbesar lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar + udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar.
Mungkin sampai disini postingan dari saya yang menjawab pertanyaan bagaimana cara membuat karbu vakum jadi kontan ?, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Opsi terakhir biasanya orang akan mengganti karbu CV dengan karbu konvesional supaya bisa mendapat akselerasi yang di inginkan, contohnya saja Suzuki Satria FU mengadopsi karburator Keihin PE28 milik Honda NSR-SP. Tetapi ini jelas berefek pada konsumsi BBM. Namun jangan khawatir, masih ada alternative lain dibanding harus mengganti karburator yaitu dengan memaksimalkan kinerja karburator CV. Caranya yaitu cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada pada corong depan, dijamin cara tersebut bisa merespon mesin lebih bagus.
Berikut langkah-langkah cara membuat karbu vakum jadi kontan :
Karbu vakum jadi kontan 1# Perbesar lubang main air jet
Main air jet itu mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu, tempatnya berada di corong depan. Akan tetapi main air jet ini tak bisa dilepas seperti main jet ataupun pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. Pengeboran cukup menggunakan mata bor 1 mm. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi.Memperbesar lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar + udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar.
Karbu vakum jadi kontan 2# Setting spuyer
Setelah lubang main air jet diperbesar, secara tidak langsung lubang main air jet tersebut sudah tak standart maka takaran campuran udara dan bahan bakar wajib dirubah. Ukuran spuyer harus direvisi. Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik. Perkiraannya Pilot jet turun satu step. Jadi jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naik kan hingga sekitar 150, Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. Naik kan hingga warna busi muncul kecokelatan.Bagi sahabat otomotif yang ingin motornya lebih irit, bisa dengan cara melakukan setting karburator. Bagaimana caranya? berikut ulasan Cara Setting Karburator.
Mungkin sampai disini postingan dari saya yang menjawab pertanyaan bagaimana cara membuat karbu vakum jadi kontan ?, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membuat Karbu Vakum Jadi Kontan ?"
Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.